Atria – Tips Membersihkan Sofa & Menghilangkan Bau

Seringkali sofa yang terlalu lama digunakan akan menimbulkan bercak atau kotoran yang membuatnya menjadi terkesan kotor dan enggan untuk digunakan, padahal sofa adalah salah satu tempat yang paling sering digunakan saat orang bertamu ke kediaman anda.

Mau membeli sofa baru tapi belum ada biaya untuk itu? Tidak perlu khawatir, karena kami akan membagikan tips bagaimana membersihkan sofa berbahan kain:

1. Sebelum menggunakan bahan atau produk pembersih sofa kain apa pun, singkirkan kotoran dan debu di seluruh permukaan sofa dan kursi terlebih dahulu. Anda bisa memakai lap, kemoceng, sikat berbulu halus, atau mesin pengisap debu dengan ujung berbulu agar tidak merusak bahan pelapis sofa.

2. Gunakan tisu basah atau kain mikrofiber yang telah dibasahi dengan sedikit cuka untuk mengelap bercak atau noda. Tes terlebih dulu bahan atau produk pembersih yang akan Anda gunakan di bagian kecil yang tersembunyi sebelum memakainya pada seluruh permukaan sofa.

3. Bersihkan seluruh permukaannya. Pakai kain mikrofiber yang dibasahi larutan deterjen untuk menyeka kain penutup sofa secara perlahan. Diamkan beberapa saat agar kandungan larutan deterjennya bekerja mengatasi kotoran di bawah permukaan sofa.

4. Saat pengeringan, sebagian orang menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan sofa secara cepat, tetapi membiarkan sofa kering secara alami merupakan pilihan yang terbaik. Untuk mempercepat prosesnya, buka jendela dan biarkan angin masuk.

 

Lalu setelah bersih, terkadang masih ada bau tidak sedap yang menempel pada sofa anda, untuk memyempurnakan kebersihannya, kami juga akan berbagi tips mengenai bagaimana menghilangkan bau tidak sedap pada sofa, yaitu dengan cara:

1. Menghilangkan bau dengan cepat bisa dilakukan menggunakan steam cleaner. Namun, pastikan Anda melihat petunjuk penggunaan dan cek apakah bahan sofa Anda memungkinkan untuk dilakukan pembersihan dengan steam cleaner.

2. Sebarkan baking soda pada sofa. Tapi hati-hati, sebarkan sedikit baking soda pada bagian sofa yang tersembunyi untuk memastikan kalau kain sofa tersebut tak mengalami perubahan warna. Kalau tak ada perubahan warna dalam lima menit, dapat menyebarkannya ke seluruh bagian sofa, lalu biarkan selama beberapa jam sebelum dibersihkan dengan vacuum cleaner.

3. Taruhlah bubuk kopi segar dalam penyaring kopi lalu ikat hingga tertutup rapat. Tempatkan wadah kopi ini secara menyebar di atas sofa dan biarkan selama beberapa jam. Bubuk kopi akan menyerap bau tak sedap.

Comments are closed.

WordPress Video Lightbox Plugin